Tidak ada yang menarik seminggu kemarin, sosial media masih dipenuhi isu yang itu-itu saja, kegiatan blogwalking juga sedikit membosankan karena beberapa blog favorit banyak yang belum update.

Kegiatan membangun beberapa situs masih berjalan , dari enam situs yang harus dibangun setidaknya sampai akhir bulan -empat situs dagangan dan dua situs personal, baru dua yang selesai, proses migrasi blog ini dari layanan blog gratis ke layanan hosting mandiri adalah salah satu yang selesai dikerjakan. Ohya, jangan membayangkan kalo membuat situs website itu sulit, sejatinya untuk membangun sebuah website sederhana berbasis wordpress bisa dikerjakan dalam waktu 5 menit, baca manualnya disini. Lain cerita kalo memang kamu mau membangun situs tanpa bantuan Content Management System (CMS) kayak wordpress, itu sudah pasti harus punya skill khusus minimal kemampuan coding.

Kalau kamu ingin membagun sebuah situs, ada banyak jenis CMS yang bisa digunakan, wordpress hanyalah salah satunya. Tampilan pengguna yang simple, theme yang melimpah baik yang gratis maupun yang berbayar, membuat wordpress jadi salah satu yang terpopuler.

Bagian enaknya lagi adalah tersedianya aplikasi worpress di gawai, jadi kita bisa membuat postingan blog melalui smartphone. Seperti postingan ini saya buat melalui aplikasi wordpress sambil minum kopi dan membalas beberapa chat.

Lalu apa yang dibutuhkan?

Untuk sebuah situs sederhana kamu memerlukan empat hal. Nama domain, hosting, wordpress dan theme. Domain dan hosting bisa didapat dari provider penyedia layanan baik dalam maupun luar negeri, seperti namecheap, go daddy, hawkhost untuk layanan luar atau klikhost, idwebhost, niagahoster untuk layanan dari dalam negeri.

Selanjutnya adalah wordpress itu sendiri, ketika kamu sudah berlangganan hosting mandiri biasanya sudah disediakan aplikasi untuk langsung menginstall wordpress di dalam cpanel, jika belum maka silakan unduh di wordpress.org.

Untuk theme gratis bawaan wordpress bisa didapat setelah kamu berhasil install wordpress sedangkan untuk yang berbayar kamu bisa mengunjungi situs-situs penjual theme seperti eleganttheme.com atau studiopress.com. Ada juga penyedia theme gratis diluar yang disediakan wordpress sila bertanya pada google.

Secara singkat dan sederhana itulah yang dibutuhkan untuk membangun sebuah website berbasis wordpress. Saya bukan ahli cuma pembelajar otodidak yang memulai pelajaran dengan dua kata sakti di kotak pencarian google, “how to ……”.

Selamat memasuki minggu yang baru.