Awal September tahun 2011 lalu, ngeliat sepedah besi vintage look karena punya lugs dipinggiran jalan, setelah tawar menawar harga akhirnya tuh sepedah besi diangkut pulang kerumah. Hal pertama yg terlintas begitu sampai rumah adalah bingung, iyak bingung ngapain juga beli sepedah, lha wong terakhir kali naik sepeda aja waktu masih pake baju putih merah, udah gitu untuk ukuran nafas tembakau yang buat naik tangga satu lantai aja udah kayak abis lari sprint 100 meter jelas bersepedah bukan pilihan yang menyenangkan. Alhasil, itu sepedah besi cuma ditaro dipojokan rumah.

Setelah berhari-hari cuma jadi rongsokan besi dipojokan rumah, ide buat merakit sepedah pun muncul. Waktu itu lagi booming sepedah fixie  (itu lho sepedah tanpa rem dan gak punya gear dinamis yang bisa dinaik-turunkan, semuanya dibuat fix, selama roda berputar pedal akan ikut berputar juga) dikalangan anak muda gaul Jakarta. Berhubung waktu itu merasa masih menjadi pemuda yang pengen juga ikutan gaul -hahaha- lantas disulaplah sepeda besi itu menjadi sepedah minimalis tanpa rem hanya fixed gear, dan taraa inilah penampakannya.

10092011(004)

Setelah jadi pun tak lantas dikayuh karena masih harus belajar cara pengereman dengan cara menahan putaran pedal sampai sepedah benar-benar berhenti dan itu sulit sekali, apalagi untuk yang sudah sangat lama tak bersepedah. Setelah lihai soal pengereman pun jarak terjauh menggunakan sepedah ini gak lebih dari satu kilometer, genjotnya capek ngeremnya susah. Jadilah nyepedah cuma dari rumah ke warung kopi doang, gak pernah dipake buat jarak jauh.

Sekitar Oktober 2012 kegiatan nyepedah harus berhenti (soal kenapanya lebih enak diobrolin sambil ngopi 🙂 ) sampe pertengahan tahun ini. Yak, pertengahan tahun 2015 ini mulai pengen nyepedah lagi demi meluluskan niatan besar mengembalikan ukuran lingkar perut keukuran yang seharusnya biar keliatan lebih proporsional. Dan inilah sepeda yang bakal mendukung niatan besar itu.

IMG_20150818_144427

Sepeda besi tua keluaran pabrikan lokal yang sempat berjaya di era 90an, FEDERAL. Sedangkan sepeda minimalis dipensiunkan sementara karena ternyata ukurannya yg kecil jadi sering bikin sakit punggung. 😀

#letsgowes #gowes4sixpack